Selasa, 19 April 2011

HUBUNGAN ANTARA MULTIBLOWER DENGAN DAYA HIDUP KOMPUTER

HUBUNGAN ANTARA MULTIBLOWER

DENGAN DAYA HIDUP KOMPUTER


Sistem Pendingin Komputer


Saat anda menyalakan komputer dan menggunakannya untuk beberapa waktu lamanya, maka komputer tersebut akan menimbulkan panas pada beberapa bagian komponennya. Untuk mendinginkan komponen tersebut serta untuk menghindari panas yang berlebih maka digunakan kipas dalam komputer. Komponen pendingin yang utama dalam komputer adalah kipas pendingin pada CPU (Prosesor). Jika panas yang dihasilkan tidak dapat diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada beberapa komponen komputer. Meskipun komputer telah dirancang sedemikian rupa, namun kipas pendingin tetaplah diperlukan untuk menangkis panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen komputer.

Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU. Ada juga komputer yang telah dirancang khusus sudah mempunyai kipas extra yang ditempelkan pada casing komputer yang terbuat dari alumunium, namun demikian kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga tetap harus dipasang kipas pendingin CPU, apalagi untuk komputer yang digunakan antara antara 12 hingga 15 jam sehari sehingga kipas tersebut tidak akan cukup untuk memberikan ventilasi udara yang memadai. Oleh karena itu kipas pendingin untuk CPU didesain dan telah terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh CPU walaupun komputer dioperasikan dalam jangka waktu yang lama.
Funghsi utama dari pendingin CPU adalah menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin CPU.

Sebagian besar pengguna komputer tidak menyadari pentingnya kipas pendingin CPU ini. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan atau bahkan ketidak pedulian pengguna kepada pentingnya komponen ini. Jadi sangatlah penting untuk mengetahui fungsi kipas pendingin pada CPU karena komponen ini adalah otak dari komputer kita. Apabila kita melakukan pembersihan secara rutin pada kipas ini maka hal itu akan menghindarkan kita dari kerusakan yang disebabkan oleh panas pada CPU yang terlalu berlebihan.

Bahkan laptop juga mengahsilkan panas yang tidak kalah bila dibandingkan dengan desktop walaupun laptop juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin pada CPU. Panas yang berlebih juga dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem atau bahkan menyebabkan tidak berfungsinya sama sekali komputer. Oleh karena itu laptop juga sering ditambahkan pendingin extra yang diletakkan dibawah sebagai dudukan laptop.


http://pernikkomputer.blogspot.com/2009/08/sistem-pendingin-komputer.html

Software Cooling Pendingin PC Terbaik

Software Cooling Terbaik Windows

Elo-elo semua pastinya pernah merasain panasnya cahaya matahari, yang rasanya menyengat, namun panasnya tidak melebihi 50 celcius. Namun ada seorang profesor yang bisa tahan panas hingga 80 celcius, siapa? Siapa lagi, tidak lain, dan tidak bukan.. tidak diragukan lagi namanya adalah profesor AMD. he..he..
Yang suka memakai AMD, pastilah para gamer yang doyan berlama-lama main game-game versi 3D di komputer, namun panas yang terlalu sering apalagi dalam waktu lama dapat membuat profesor ... ups processor elo bisa cepat rusak. Apalagi laptop, jenis komputer ini yang paling susah sekali untuk didinginkan, karena sudah dari struktur casingnya yang tidak bisa dibongkar dan ditambah-tambah seperti kipas, pendingin, heatsink dll. Salah satu caranya bisa memakai software-software pendingin untuk windows anda seperti dibawah ini:

1. CPUCool
Software ini memang sudah pantas jadi urutan paling atas, karena software ini lengkap mempunyai tiga macam fungsi utama yaitu:
- Fungsi Cooling, sesuai dengan namanya yang ada cool-coolnya kaya blog gue biarcool, memang software ini memang ampuh untuk mendinginkan cpu processor.
- Fungsi Monitoring,
- Fungsi Overclocking

Download link
http://www.ziddu.com/download/6538595/CPUCooL.v8.0.6.rar.html



2. CPUIdle Extreme
Software ini memang khusus sekali mempunyai satu fungsi untuk digunakan untuk mendingin prosesor, serta menghemat penggunaan power.

macam-macam pendingin processor
disini saya akan sedikit menjelaskan cooler-cooler yang biasa digunakan sebagai pendingin processor yang umum digunakan .

1. stock cooling

stock cooling adalah sebuah pendingin yang biasanya menjadi bawaan saat kita membeli processor

2. Water cooling

Sistem pendinginan air dalam PC membawa beberapa kelebihan: Komponen terintegrasi seperti CPU atau graphics card akan menjadi 10% lebih dingin, sehingga umurnya akan lebih panjang. Dengan produksi panas lebih rendah, beban sistem dan kebutuhan ventilasi berkurang, PC pun nyaris tanpa bunyi.

Memasang sistem pendingin air (water cooling) tidaklah terlalu sulit. Berikut akan CHIP berikan panduan langkah demi langkah untuk menginstalasi pendingin air. Dalam praktek ini , menggunakan perangkat Innovatek Premium XXD dan casing tower Silverstone TJ06. Anda tidak harus menggunakan merek ini. Di pasaran tersedia banyak merek penyedia solusi water cooling. Metode pendingin air lainnya kurang lebih sama.

3. dry ice dan nitrogen cair

Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel. prosesor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang antinya bonk tsb akan diisi dengan Dry Ice atau Nitrogen Cair.

Sebelum pemasangan pendingin ini, seluruh komponen motherboard akan diolesi dengan pasta(grease) anti static untuk mencegah kondensaai(pengembunan) agar tidak terjadi korslet pada motherboard.
di sekeliling tabung juga diberi semacam bahan isolator panas untuk mencegah kondensasi.Pendinginan tipe ini biasanya digunakan untuk pendinginan ekstrim dimana untuk mengover-clock
prosesor lebih lanjut diperlukan suhu minus yang ekstrim.
Suhu pendingin Liquid Nitrogen bisa mencapai -190 derajat Celcius..

4. Phase-change cooler

Pendinginan tipe ini serupa dengan pendinginan yang digunakan pada kulkas dimana pendinginan akan didorong dengan kompresor.Pendinginan ini cenderung lebih dingin dari pada TEC.

5. TEC (Thermoelectric Cooler)

Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga di satu sisi logam akan dingin dan di sisi logam yg lain akan panas.

gambaran prinsip kerjanya adalah sebagai berikut.pendinginan dengan sistem ini memungkinkan untuk mendinginkan hingga dibawah suhu ruangan. Dalam kasus tertentu suhunya dapat mencapai dibawah titik beku air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar